Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini aku akan membahas ihwal fungsi kerikil yang ada dibawah rel sebagai landasan rel kereta api.
Agan niscaya tahu kan kereta api memerlukan rel sebagai media untuk berpindah. Dibawah rel kereta api niscaya ada tumpukan kerikil yang ada sepanjang rel. Sebenarnya apa sih fungsi dari proteksi kerikil kerikil dibawah rel kereta api? Nah untuk lebih jelasnya silakan agan lihat dibawah ini.
Fungsi Kerikil Pada Landasan Rel Kereta Api
1. Agar Air Tidak Menggenangi Rel Kereta
Rel kereta api terbuat dari logam baja dan berlandaskan kayu. Makara kalau rel terendam air maka akan mempercepat proses pelapukan rel dengan timbulnya karat atau korosi. Makara dengan meletakan rel kereta api diatas kerikil bisa menghindarkan rel tergenang air, alasannya air akan pribadi meresap melalui sela-sela kerikil kerikil.2. Mencegah Tumbuhnya Tanaman Liar
Jika rel kereta api pribadi diletakan diatas tanah maka rel akan ditumbuhi oleh tanaman liar menyerupai rumput dan lumut. Tentu saja hal ini sanggup menciptakan rel kereta api cepat korosi. Dengan meletakan rel diatas kerikil kerikil yang kering dan tidak ada tanahnya sanggup mencegah rel ditumbuhi tanaman liar, alasannya tanaman liar sulit tumbuh diatas kerikil yang kering dan minim unsur hara.3. Membuat Rel Lebih Stabil
Coba bayangkan kalau rel kereta api diletakan diatas tanah secara langsung, niscaya rel rawan ambles alasannya tanah cenderung tidak stabil. Begitu juga kalau rel diletakan diatas cor beton, beton memang bisa menciptakan rel tetap berada diposisinya dan stabil.Namun alasannya beton bersifat statis, maka dalam waktu akrab niscaya akan hancur oleh getaran dikala rel dilewati kereta api. Belum lagi getaran yang akan sangat besar. Makara alternatif yang paling sempurna yakni dengan meletakan rel kereta api diatas kerikil yang sudah dirapatkan susunannya dengan mesin Tendem Roller.
4. Meredam Getaran
Seperti yang sudah aku sampaikan diatas, kerikil dipilih sebagai landasan rel alasannya bisa meredam getaran. Kerikil satu dengan yang lainnya tidak saling terikat, sehingga kerikil dengan getaran paling besar yakni yang bersentuhan pribadi kengan rel kereta api. Semakin jauh letak kerikil maka semakin kecil pula getarannya, sehingga bisa meredam getaran dikala kereta api lewat.Cara kerja kerikil untuk meredam getaran itu dengan cara membiarkan alas rel tetap bisa bergerak dengan kondisi yg tidak bergeser. Dengan diminimalisirnya getaran tersebut, sanggup menciptakan kayu alas rel menjadi lebih awet, serta tidak mengganggu lingkungan sekitar.
Itulah beberapa fungsi kerikil yang ada dibawah rel kereta api.
Pantau terus blog ini untuk mendapat artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.
Comments/disqusion
No comments